Senin, 26 April 2010

TIK IX


Internet menjadi salah satu pemicu terjadinya globalisasi karena telah menghilang kan batas-batas dunia. Internet memungkinkan kita dapat mengakses informasi yang tersimpan di komputer di belahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang dari belahan bumi yang berbeda dapat berkomunikasi tanpa di batasi oleh batas-batas negara, waktu, jarak dan hukum atau birokrasi suatu negara.
1.1.2 Berbagai Aplikasi Internet
Saat ini aplikasi internet yang tersedia sudah banyak dan akan terus bertambah, seiring dengan kemajuan teknologi. Aplikasi-aplikasi internet ini kemudian di gunakan dalam berbagai bidang, seperti akademik, militer, medis, media masa, periklanan, dan berbagai sektor industri.
Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini, yang paling banyak dikenal dan di gunakan, antara lain World Wide Web (www), E(mail, Mailing list (milis), Newsgroup, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Gopher, dan Ping. World Wibe Web
World Wibe Web atau www merupakan aplikasi yg paling banyak di gunakan dan merupakan aplikasi yg paling penting. Aplikasi www dapat di manpaat kan untuk berbagai hal. www adalah dokumen-dokumen internet yang di simpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web tersebut di buat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia, yaitu Hypertext Markup Language (HTML) mempunyai kemampuan untuk menghubung kan (link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Halaman-halaman web yang di buat dengan menggunakan HTML di gunakan untuk menyimpan informasi. Doktmen yang di buat dengan HTML tersebut dapat memuat teks, gambar, animasi, audio, dan vidio.
Electronic Mail (E-Mail)
E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim e-mail sama persis dengan mengirim sebuah surat biasa. Kita dapat bercerita, mengirim kan pesan, atau apa saja. Melalui e-mail, kita juga dapat mengirim file dokumen, gambar, dan sebagai nya.
E-mail merupakan alat komunikasi yg murah dan cepat. Kita dapat mengirim surat ke seluruh dunia dengan biaya yang sangat murah. Karena komunikasi melalu internet di lakukan dengan sangat cepat, maka e-mail yang kita kirim akan sampai dengan sangat cepat pula, yakni sesaat setelah di kirim.
Oleh Mira

1 komentar: