Kamis, 22 April 2010

TIK IX


MENGENAL INTERNET

Internet pasti sudah akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. bahkan beberapa di antara kita sudah mulai bergantung kepada internet. Kita menggunakan internet untuk mengirimkan e-mail,chatting dengan teman kita,mencari informasi,dan sebagai nya. Dengan kata lain,kita tidak bisa hidup tanpa internet.di bab ini,kita akan membahas lebih jauh tentang internet,sejarah nya,serta berbagai aplikasi internet yang dapat kita manfaatkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

1.1.1 Apa itu internet?
Internet merupakan singkatan dari INTERCONNECTED NETWORK. Jika di terjemahkan secara langsung berarti jaringan yang saling terhubung.Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Disebut jaringan yang saling terhubung karna internet menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat Besar.
Saat ini di perkirakan terdapat ratusan ribu jaringan lokal yang terhubung ke internet karna merupakan sebuh jaringan maka sebuah komputer yang terhubung ke internet berarti terhubung dengan semua komputer di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet semua komputer yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yang terdapat di internet secara gratis internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa arti nya semua orang mempunyai hak yang sama di internet, karna itu,internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa di batasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu. Ada 2 peranan internet yang sangat penting,yakni:
(1) Sebagai sumber data dan informasi dan
(2) Sarana pertukaran data dan informasi.

Sebagai sumber informasi,internet menyimpan berbagai jenis informasi dalam jumlah yang tidak terbatas.
Kita dapat mengakses informasi apa pun di internet bahkan, jika ingin kita juga dapat di mengakses informasi yang kita miliki di internet agar dapat diakses oleh orang lain. Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lain, tanpa di batasi oleh jarak pisik kedua komputer tersebut.dua komputer yang sama-sama terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi satu sama lain,atau mempertukarkan data dan informasi. Akses dan pertukaran Informasi tersebut dilakukan dalam waktu yang sangat cepat.(Diposkan Oleh Dewi Santi)

1 komentar: